Sabtu, 23 April 2011

APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN PROGRAM AFILIASI

Program Affiliasi, Apa Sih ?




Program Affiliasi / Affiliate ProgrammeApa yang dimaksud dengan Program Affiliasi ?
Salah satu bentuk Bisnis Online adalah Affiliate Programme atau Program Affiliasi. Program Affiliasi adalah bentuk bisnis online dengan cara menjual produk orang lain, produknya bisa barang atau jasa, pokoknya produk apa yang dijual orang, kita bisa menjualnya dengan cara Affliasai. Orang yang menjual produk ini bisa perorangan, bisa perusahaan. Bahasa gampangnya, program affiliasi ini sebagai agen penjualan.
Bagaimana cara kerjanya ?
Terlebih dahulu kita mendaftar sebagai affiliasi suatu produk. Situs-situs yang menyediakan program affiliasi ini banyak di internet. Kalau kita tidak tau nama situsnya, pergi saja ke google dan ketikkan kata kunci affiliasi atau affiliate, maka banyak sekali nam-nama situs yang muncul, baik yang di Indonesia maupun yang di Luar Negeri. Kemudian daftar sebagai affiliate, isi formulir yang telah disediakan, ikuti petunjuknya dan terakhir akan diberi link affiliate. Link affiliate inilah yang kita pasarkan, kalau ada yang membeli maka kita mendapat komisi. Hasil penjualan ini bisa kita pantau melalui halaman member affiliasi yang diberikan Jadi kita hanya memasarkan link affiliate, kalau ada yang membeli maka transaksinya langsung ke pemilik produk. Simpel kan?
Apa keuntungan menjalankan Affiliasi ?

Dalam menjalankan affiliasi, kita tidak perlu mempunyai produk, kita tidak harus repot membuat produk untuk dijual. Kita tinggal memasarkan produk orang lain, dan yang lebih menguntungkan kita akan mendapat komisi dari hasil penjualan kita.
Apakah Bisnis ini bisa dijadikan sebagai bisnis sampingan ?
Dari hasil penjualan ini, kita mendapat komisi penjualan yang besarnya tergantung dari yang punya produk, ada yang memberi komisi 30 %, 50 %, bahkan sampai 70 %. Lumayan kan? Kalau sebulan hasilnya 10 penjualan, dan komisinya misalnya Rp 50.000,-  kan lumayan dapat Rp 500.000,- kalau sampai 100 penjualan, kan lumayan. Itu baru satu produk, kalau sampai 5 produk, wah…. bukan lumayan lagi. Bukan lagi menjadi bisnis sampingan, tapi sudah menjadi penghasilan utama. Banyak pebisnis internet baik yang di indonesia maupun yang diluar negeri, bisnisnya hanya menjalankan affiliasi dan penghasilannya sampai ribuan dollar setiap bulan.
Terlepas dari simpel tidaknya menjalankan bisnis affiliasi ini, pada dasarnya semua bentuk bisnis apapun harus dijalankan dengan sungguh-sungguh dan kerja keras. Dari upaya kerja keras itulah kita mendapatkan hasil yang maksimal.
Ok, sekian dulu pengenalan mengenai Program Affiliasi, lain waktu disambung lagi.
Semoga bermanfaat,
Salam,
Muliardy Banun
Share and Enjoy:

Tidak ada komentar: